Tuesday 5 March 2013

AL FALAH PART 2: KECERDASAN

Sebelum membahas materi hari ini tentang kecerdasan, lebih dahulu membahas hasil pengamatan pagi-pagi di KB dan TK AL FALAH dulu.........................ok teman-teman siap. Mari...............yuuuk.
Hari ini kegiatan magang di Al- Falah cukup padat. Pagi hari tadi saya diberi kebebasan untuk mengobservasi kegiatan di sekolah tersebut. Pada waktu anak datang, anak masuk ke sentra untuk jurnal pagi, dan main bebas. Pertama jurnal, pada aktifitas jurnal pagi anak menggambar dan menceritakan kegiatan bermain  sesuai tema, ketika anak melakukan jurnal pagi guru terus memberikan pijakan tentang tema. Hal ini dilakukan agar anak dalam menggambar terarah. Ketika anak menggambar tidak sesuai tema yang sedang dibicarakan, guru terus berusaha memberikan pijakan.
Kedua main bebas, sebelum anak-anak melakukan kegiatan yang terpimpin anak-anak melakukan kegiatan main bebas. Kegiatan ini merupakan kegiatan pemanasan sebelum anak beraktifitas masuk ke dalam sentra. Pada aktifitas bermain bebas guru tetap melakukan penilaian perkembangan anak.
Hal yang menarik berikutnya adalah check  tema. Sebelum guru membahas topik guru melakukan kegiatan  tanya jawab kepada anak untuk mengetahui pemahaman anak tentang tema tersebut. Tema yang dibicarakan pada awal tema dan setelah kegiatan pembelajarn dilakukan selama 2 minggu kosa kata anak bertambah dan itu menandakan pengetahuan anak bertambah. Kemampuan anak dapat dibangun dengan menyediakan sumber informasi yang cukup tentang tema tersebut.
Ketika membicarakan sebuah tema guru wajib menyediakan buku yang relevan di dalam sentra. Sumber informasi yang cukup akan memudahkan guru untuk membuat TFP dan mengalirkan TFP itu kepada anak. Selain itu memudahkan guru untuk dapat menciptakan lagu sesuai dengan tema menurut ciri-ciri dari topik yang sedang dibahas. Pada saat ini membahas tentang hujan lagu yang digunakan untuk mengalirkan tema juga tentang hujan. Lagunya sebagai berikut:

hujan rintik-rintik 2x
turun rintik-rintik 2x
di halaman, di jalanan
hujan rintik-rintik 2x
ambilkan payumg untuk berlindung
hujan turun, hujan rintik-rintik 2x

hujan rintik-rintik 2x
turun tak berhenti
ditengah rintik hujan
payung warna-warni
seperti jamur, yang tumbuh subur
disirami juhan rintik-rintik

Dalam lagu di atas semua syair yang dihadirkan ke anak berbicara tentang fakta. Fakta-fakta itulah yang akan membangun dan mengkontruksi pemahaman anak. Di sini kembali lagi pada kekuatan berbahasa yang mampu mengkontruksi kemampuan dan pemahaman anak dengan tepat. Hal ini karena guru adalah sosok yang ditiru, guru adalah model, ucapan yang guru berikan merupakan sebuah amanat bagi anak, sehingga anak dengan mudah akan melakukannya. Ucapan yang belum tetap akan memberikan pemahaman yang salah pada anak. Kata yang merupakan larangan, perintah dan nada yang tinggi akan sangat berpengaruh pada keperibadian anak. Guru harus mampu memilih diksi yang tepat untuk berbicara dengan anak. Mengutip ucapan dari pemateri " Bahasa menunjukkan kualitas kecerdasannya, karena ucapan seseorang bersumber dari otaknya.Oleh sebab itu berusahalah menggunakan bahasa dengan tepat.

Sekarang masuk ke dalam materi tentang kecerdasan:
Dalam kegiatan magang hari ini peserta diharapkan mampu untuk menganalisis kecerdasan yang ada pada setiap kegiatan pembelajaran dalam sebuah sentra. Pada sebuah sentra wajib mengembangkan 8 multiple Intelligence yang meliputi linguistic intelligence, logic-mathematic intelligence, spatial intelligence, musical intelligence, intra personal intelligence, inter personal intelligence, kinestetic intelligence dan spiritual intelligence.
Selain itu peserta juga diharapkan mampu untuk melakukan pengamatan tentang 11 sistem tubuh yang meliputi: integumentary system,  Muscular system, skeletal system, Nervous system, Endocrine system, lymphatic and immune system, cardiovascular system, resiratory system, Digistive system, urinary system, reproductive system.

Dalam kegiatan bermain sentra guru perlu mengidentifikasi tentang 6 domain berpikir, 18 sikap dan 8 multiple intelligence. Semua itu harus ada dalam kegiatan bermain anak.


Kata bijak hari ini" jika seorang kaya akan menghasilkan anak yang kaya, jika guru miskin anak juga miskin"




No comments:

Post a Comment